Minggu, 14 Juli 2013

MANAGEMEN BENCANA


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PENANGGULANGAN BENCANA

Mata Pelajaran                :     Managemen Bencana
Alokasi Waktu                :     120 Menit ( 1 x Pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN*   :
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan 1 :
Ü     Memahami pengertia bencana
Ü     Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan Secara telitian ( carefulness)
Ü     Mengetahui cara penanggulangan bencana

v     Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.      MATERI  PEMBELAJARAN
1.         Definisi Bencana
UU No. 24 tahun 2007 mendefinisikan bencana sebagai “peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis
2.         Pengertian Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran yang dirasakan dipermukaan bumi yang disebabkan oleh gelombang-gelombang seismik dari dari sumber gempa di dalam lapisan kulit bumi.
Pusat atau sumber gempa bumi yang letaknya didalam bumi disebut hiposentrum. Daerah dipermukaan bumi ataupun didasar laut yang merupakan tempat pusat getaran bumi merambat disebut episentrum. Gempa bumi dapat diklasifikasikan menurut kedalaman hiposentrum,kekuatan gelombang atau getaran gempanya dan faktor penyebabnya.
3.         Klasifikasi gempa menurut hiposentrum
a.       GEMPA BUMI DALAM
gempa bumi dalam adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi. Gempa bumi dalam pada umumnya tidak terlalu berbahaya. Tempat yang pernah mengalami adalah dibawah laut jawa,laut sulawesi,dan laut flores

b.      GEMPA BUMI MENENGAH
Gempa bumi menengah adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada antara 60 km sampai 300 km di bawah permukaan bumi.gempa bumi menengah pada umumnya menimbulkan kerusakan ringan dan getarannya lebih terasa.Tempat yang pernah terkena antara lain :Sepanjang pulau sumatera bagian barat,pulau jawa bagian selatan,sepanjang teluk tomini,laut maluku,dan kep. Nusa Tenggara.
c.       GEMPA BUMI DANGKAL
Gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Gwempa bumi ini biasanya menimbulkan kerusakan yang besar. Tempat yang pernah terkena antara lain :Pulau bali,pulau flores,yogyakarta,dan jawa tengah.


4.         Cara Menghadapi Gempa Bumi
Tindakan Saat Gempa:
~jika berada dalam gedung/rumah,segeralah keluar dalam keadaan tenang.
~jika dalam keramaian ruangan jangan ikut panik,carilah jalan alternative
~jika berada di luar rumah menjauhlah dari bangunan dan pohon yang dapat rubuh.
~jika berada didalam gedung bertingkat,jangan gunakan lift saat terjadi gempa.

Tindakan yang di lakukan setelah gempa
~nyalakan radio atau cari informasi dari para pejabat yang berwenang.
~jangan memasuki bangunan yang terlihat sudah tidak stabil.
~untuk daerah pesisir jika air surut tiba-tiba berhati-hati dan segera mengungsi.

5.         Penanggulangan Bencana Gempa Bumi
suatu kumpulan kegiatan yang meliputi semua aspek dari perencanaan, pencegahan, pengelolaan resiko,  dan tanggapan terhadap kejadian-kejadian bencana, baik sebelum maupun sesudah bencana.
            Cara penanggulangan Bencana gempa bumi :
a.     Membuat rumah tahan gempa.
b.    Melakukan Sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan bencana Gempa bumi.
c.     Membuat Jalur evakuasi.
d.    Dll
e.      
C.      METODE PEMBELAJARAN :
1.      Ceramah
2.      Eksplorasi Vidio
3.      Simulasi

D.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN    :
1.      Menjelaskan tentang faktor penyebab terjadinya gempa bumi dengan Tekun ( diligence )
2.      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
3.      guru mengajak siswa untuk mengamati dan menganalisis gambar dan video yang telah ditampilakan.
4.      Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
5.      Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi.
6.      Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru
7.      Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan
8.      Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
9.      Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja Kelompok
10.  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
11.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
12.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
13.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
14.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
15.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

E.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN   :
1.    Buku LKS
2.    Buku paket/ buku sumber lain yang relevan
3.    Vidio tentang proses terjadinya gempa bumi.
4.    LCD proyector

F.     EVALUASI
1.     Sebutkan pengertian bencana?10%
2.     Sebutkan pengertian gempa bumi?10% %
3.    Sebutkan dan jelaskan macam klasifikasi gempa bumi menurut kedalaman hiposentrum, menurut gelombang dan getaran gempa, serta menurut factor penyebabnya? 20 %
4.     Apa sajakah factor terjadinya gempa bumi? 20 %
5.    Apa saja akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi tersebut? 20 %
6.    Bagaimana cara menghadapi gempa bumi? 10 %
7.    Sebutkan pengertian penanggulangan bencana gempa bumi dan bagaimana cara menanggulangi bencana gempa bumi ? 10%

TUGAS RUMAH
1.      Buatlah sekenario simulasi bencana gempa bumi . ( masing2 kelompok terdiri dari 7 orang anak ).
2.      Buatlah jalur evakuasi.


SELAMAT MENGERJAKAN

0 komentar:

Posting Komentar