RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Jaya
Abadi
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar :
1.1. Dinamika
perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Alokasi Waktu : 1 x 15
Menit ( 1 x Pertemuan)
Indikator : 1.1 Mendiskripsikan pengertian gempa bumi
1.2.
Mendiskripsikan
Klasifikasi gempa bumi menurut kedalaman hiposentrum, menurut
gelombang/getarannya, dan menurut faktor penyebabnya.
1.3.
Memahami dan menganalisis faktor terjadinya gempa bumi
dan akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi
A. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan
1 :
Ü
Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya
gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan Secara telitian
( carefulness)
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA GEMPA BUMI
1.PENGERTIAN GEMPA BUMI
•Gempa bumi adalah getaran yang dirasakan dipermukaan bumi
yang disebabkan oleh gelombang-gelombang seismik dari dari sumber gempa di
dalam lapisan kulit bumi.
•Pusat atau sumber gempa bumi yang letaknya didalam bumi disebut hiposentrum. Daerah dipermukaan bumi ataupun didasar laut yang merupakan tempat pusat getaran bumi merambat disebut episentrum. Gempa bumi dapat diklasifikasikan menurut kedalaman hiposentrum,kekuatan gelombang atau getaran gempanya dan faktor penyebabnya.
A.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT KEDALAMAN HIPOSENTRUM
•Pusat atau sumber gempa bumi yang letaknya didalam bumi disebut hiposentrum. Daerah dipermukaan bumi ataupun didasar laut yang merupakan tempat pusat getaran bumi merambat disebut episentrum. Gempa bumi dapat diklasifikasikan menurut kedalaman hiposentrum,kekuatan gelombang atau getaran gempanya dan faktor penyebabnya.
A.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT KEDALAMAN HIPOSENTRUM
1) GEMPA BUMI DALAM
•gempa bumi dalam adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada
lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi. Gempa bumi dalam pada umumnya tidak
terlalu berbahaya. Tempat yang pernah mengalami adalah dibawah laut jawa,laut
sulawesi,dan laut flores
2)GEMPA BUMI MENENGAH
•Gempa bumi menengah adalah gempa bumi yang hiposentrumnya
berada antara 60 km sampai 300 km di bawah permukaan bumi.gempa bumi menengah
pada umumnya menimbulkan kerusakan ringan dan getarannya lebih terasa.
•Tempat yang pernah terkena antara lain :
•Sepanjang pulau sumatera bagian barat,pulau jawa bagian
selatan,sepanjang teluk tomini,laut maluku,dan kep. Nusa Tenggara.
3)GEMPA BUMI DANGKAL
•Gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang hiposentrumnya
berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Gwempa bumi ini biasanya
menimbulkan kerusakan yang besar. Tempat yang pernah terkena antara lain :
•Pulau bali,pulau flores,yogyakarta,dan jawa tengah.
B.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT GELOMBANG/GETARAN GEMPA
1) GEMPA AKIBAT GELOMBANG PRIMER
Gelombang primer(gelombang lungitudinal)adalah
gelombang/getaran yang merambat di tubuh bumi dengan kecepatan antara 7-14
km/detik.getaran ini berasal dari hiposentrum
2) GEMPA AKIBAT GELOMBANG SEKUNDER
Gelombang sekunder (gelombang transversal) adalah gelombang
atau getaran yang merambat,seperti gelombang primer dengan kecepatan yang sudah
berkurang,yakni 4-7 km/detik. Gelombang sekunder tidak dapat merambat melalui
lapisan cair.
3)GEMPA AKIBAT GELOMBANG PANJANG
•Gelombang panjang adalah gelombang yang merambat melalui
permukaan bumi dengan kecepatan 3-4 km/detik.
•Gelombang ini berasal dari episentrum.dan gelombang inilah
yang banyak menimbulkan kerusakan di permukaan bumi.
C.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT FAKTOR PENYEBABNYA
1) GEMPA BUMI TEKTONIK
•Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang di sebabkan oleh
dislokasi atau perpindahan akibat pergesaran lapisan bumiyang tiba-tiba terjadi
pada struktur bumi,yakni adanya tarikan atau tekanan.
Pergeseran lapisan bumi ada 2 macam:
-VERTIKAL
-HORIZONTAL
2) GEMPA BUMI VULKANIK
-HORIZONTAL
2) GEMPA BUMI VULKANIK
Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh
aktivitas gunung api atau letusan gunung api.pada saat dapur magma
bergejolaik,ada energi yang mendesak lapisan bumi. Energi yang mendesak lapusan
bumi ada yang mampu mengang kat lapisdan bumi sampai ke permukaan di sertai
getaran. Gunung api yang akan meletus biasanya mengakibatkan gempa bumi.
3) GEMPA BUMI RUNTUHAN
•Gempa bumi runtuhan(terban) adalah gempa bumi yang di
sebabka runtuhnya atap gua atau terowongan tambang di bawah tanah.
•Jika batuan pada atap rongga atau pada dinding rongga mengalami
pelapukan,maka rongga dapat runtuh karna tidak mampu lagi menahan beban di atas
rongga.runtuhnya gua dan terowongan yang besar bisa mengakibatkan getaran yang
kuat
Alat untuk mengukur
gempa bumi adalah seismograf.seismograf ada 2 jenis:
-seismogaf vertical
-seismograf horizontal
• untukmengukur gempa bumi di butuhkan satu seusmograf
vertikal dan dua seismograf horizontal.
C. FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA GEMPA BUMI
Faktor penyebab terjadinya gempa bumi
adalah adanya retakan dan pelepasan sistem disuatu tempat yang kemudian
bergerak dan berubah demikian cepat sebagai akibat desakan tenaga dari dalam
bumi(endogen)maupun dari luar bumi(eksogen).
D. AKIBAT YANG DITIMBULKAN OLEH GEMPA BUMI
Gempa bumi memiliki kekuatan yang bervariasi,yakni gempa yang
berkekuatan rendah,sedang dan tinggi.
Apabila gempa bumi berkekuatan sedang dan tinggi terjadi
didekat daratan maka akan menimbulkan kerusakan secara fisik yang hebat.
Contohnya:
~ jalan raya terputus
~ seluruh bangunan terbelah
Gempa bumi juga dapat menimbulkan bencana sekunder. Contohnya
:
~terputusnya listrik,telepon,jaringan air
minum.
~kebakaran,ledakan dan kekeringan.
E. MENGHADAPI GEMPA
Tindakan Saat Gempa:
~jika berada dalam gedung/rumah,segeralah
keluar dalam keadaan tenang.
~jika dalam keramaian ruangan jangan ikut panik,carilah jalan
alternative
~jika berada di luar
rumah menjauhlah dari bangunan dan pohon yang dapat rubuh.
~jika berada didalam
gedung bertingkat,jangan gunakan lift saat terjadi gempa.
Tindakan yang di lakukan setelah gempa
~nyalakan radio atau cari informasi dari
para pejabat yang berwenang.
~jangan memasuki bangunan yang terlihat
sudah tidak stabil.
~untuk daerah pesisir
jika air surut tiba-tiba berhati-hati dan segera mengungsi.
C.
METODE PEMBELAJARAN :
1. STAD
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
I :
a. Pendahuluan
- Apersepsi : guru memberi salam, mengabsen, mengajak
bero’a siswa dan Siswa diminta menyebutkan faktor terjadinya gempa bumi
- Motivasi : - Guru memberikan tebak-tebakan terkait
dengan materi gempa bumi yang disampaikan.
b. Kegiatan Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan tentang faktor penyebab terjadinya
gempa bumi dengan Tekun ( diligence )
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
§
Elaborasi :
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
guru mengajak siswa untuk mengamati dan
menganalisis gambar dan video yang telah ditampilakan.
F
Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing
kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
F
Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang
faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan dampak yang ditimbulkan oleh gempa
bumi.
F
Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang
diberikan oleh guru
F
Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok
di presentasikan
F
Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok
yang lain memberikan tanggapan
F
Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan
hasil kerja Kelompok
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Buku LKS
2. Buku paket/ buku sumber lain yang relevan
3. Vidio tentang proses terjadinya gempa
bumi.
4. LCD proyector
F.
PENILAIAN :
IndikatorPencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab
terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
|
Penugasan
tertulis
|
Daftar pertanyaann
dan tugas rumah
|
1. Sebutkan
pengertian gempa bumi? 20 %
2. Sebutkan
dan jelaskan macam klasifikasi gempa bumi menurut kedalaman hiposentrum,
menurut gelombang dan getaran gempa, serta menurut factor penyebabnya? 20 %
3. Apa
sajakah factor terjadinya gempa bumi? 20 %
4. Apa
saja akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi tersebut? 20 %
5. Bagaimana
cara menghadapi gempa bumi? 20 %
|
Surakarta, 09 Maret 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( Drs. Suharjo, M.Si)
|
Guru Mapel IPS,
(Dwi Agustina )
NIM. A610100077
|
0 komentar:
Posting Komentar