Senin, 15 Juli 2013

RPP UTS ( GEMPA BUMI)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                :    SMP Jaya Abadi
Mata Pelajaran               :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester             :     VII / 1
Standar Kompetensi      :     1.       Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar          :     1.1.    Dinamika perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Alokasi Waktu               :     1 x 15 Menit ( 1 x Pertemuan)
Indikator                        :     1.1     Mendiskripsikan pengertian gempa bumi
                                             1.2.     Mendiskripsikan Klasifikasi gempa bumi menurut kedalaman hiposentrum, menurut gelombang/getarannya, dan menurut faktor penyebabnya.
                                             1.3.    Memahami  dan menganalisis faktor terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN*            :
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan 1 :
Ü  Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan Secara telitian ( carefulness)

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


B.      MATERI  PEMBELAJARAN
a. FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA GEMPA BUMI
1.PENGERTIAN GEMPA BUMI
•Gempa bumi adalah getaran yang dirasakan dipermukaan bumi yang disebabkan oleh gelombang-gelombang seismik dari dari sumber gempa di dalam lapisan kulit bumi.
•Pusat atau sumber gempa bumi yang letaknya didalam bumi disebut hiposentrum. Daerah dipermukaan bumi ataupun didasar laut yang merupakan tempat pusat getaran bumi merambat disebut episentrum. Gempa bumi dapat diklasifikasikan menurut kedalaman hiposentrum,kekuatan gelombang atau getaran gempanya dan faktor penyebabnya.

A.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT KEDALAMAN HIPOSENTRUM
1) GEMPA BUMI DALAM
•gempa bumi dalam adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi. Gempa bumi dalam pada umumnya tidak terlalu berbahaya. Tempat yang pernah mengalami adalah dibawah laut jawa,laut sulawesi,dan laut flores

2)GEMPA BUMI MENENGAH
•Gempa bumi menengah adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada antara 60 km sampai 300 km di bawah permukaan bumi.gempa bumi menengah pada umumnya menimbulkan kerusakan ringan dan getarannya lebih terasa.
•Tempat yang pernah terkena antara lain :
•Sepanjang pulau sumatera bagian barat,pulau jawa bagian selatan,sepanjang teluk tomini,laut maluku,dan kep. Nusa Tenggara.
3)GEMPA BUMI DANGKAL
•Gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Gwempa bumi ini biasanya menimbulkan kerusakan yang besar. Tempat yang pernah terkena antara lain :
•Pulau bali,pulau flores,yogyakarta,dan jawa tengah.

B.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT GELOMBANG/GETARAN GEMPA

1) GEMPA AKIBAT GELOMBANG PRIMER
Gelombang primer(gelombang lungitudinal)adalah gelombang/getaran yang merambat di tubuh bumi dengan kecepatan antara 7-14 km/detik.getaran ini berasal dari hiposentrum

         2) GEMPA AKIBAT GELOMBANG SEKUNDER
Gelombang sekunder (gelombang transversal) adalah gelombang atau getaran yang merambat,seperti gelombang primer dengan kecepatan yang sudah berkurang,yakni 4-7 km/detik. Gelombang sekunder tidak dapat merambat melalui lapisan cair.

        3)GEMPA AKIBAT GELOMBANG PANJANG
•Gelombang panjang adalah gelombang yang merambat melalui permukaan bumi dengan kecepatan 3-4 km/detik.
•Gelombang ini berasal dari episentrum.dan gelombang inilah yang banyak menimbulkan kerusakan di permukaan bumi.

C.KLASIFIKASI GEMPA BUMI MENURUT FAKTOR PENYEBABNYA
1) GEMPA BUMI TEKTONIK
•Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang di sebabkan oleh dislokasi atau perpindahan akibat pergesaran lapisan bumiyang tiba-tiba terjadi pada struktur bumi,yakni adanya tarikan atau tekanan.
Pergeseran lapisan bumi ada 2 macam:
-VERTIKAL
-HORIZONTAL

2) GEMPA BUMI VULKANIK
Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung api atau letusan gunung api.pada saat dapur magma bergejolaik,ada energi yang mendesak lapisan bumi. Energi yang mendesak lapusan bumi ada yang mampu mengang kat lapisdan bumi sampai ke permukaan di sertai getaran. Gunung api yang akan meletus biasanya mengakibatkan gempa bumi.
3) GEMPA BUMI RUNTUHAN
•Gempa bumi runtuhan(terban) adalah gempa bumi yang di sebabka runtuhnya atap gua atau terowongan tambang di bawah tanah.
•Jika batuan pada atap rongga atau pada dinding rongga mengalami pelapukan,maka rongga dapat runtuh karna tidak mampu lagi menahan beban di atas rongga.runtuhnya gua dan terowongan yang besar bisa mengakibatkan getaran yang kuat
Alat untuk mengukur gempa bumi adalah seismograf.seismograf ada 2 jenis:
-seismogaf vertical
-seismograf horizontal
• untukmengukur gempa bumi di butuhkan satu seusmograf vertikal dan dua seismograf horizontal.

C. FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA GEMPA BUMI
Faktor penyebab terjadinya gempa bumi adalah adanya retakan dan pelepasan sistem disuatu tempat yang kemudian bergerak dan berubah demikian cepat sebagai akibat desakan tenaga dari dalam bumi(endogen)maupun dari luar bumi(eksogen).
D. AKIBAT YANG DITIMBULKAN OLEH GEMPA BUMI
Gempa bumi memiliki kekuatan yang bervariasi,yakni gempa yang berkekuatan rendah,sedang dan tinggi.
Apabila gempa bumi berkekuatan sedang dan tinggi terjadi didekat daratan maka akan menimbulkan kerusakan secara fisik yang hebat. Contohnya:
~ jalan raya terputus
~ seluruh bangunan terbelah
Gempa bumi juga dapat menimbulkan bencana sekunder. Contohnya :
~terputusnya listrik,telepon,jaringan air minum.
~kebakaran,ledakan dan kekeringan.

E. MENGHADAPI GEMPA
Tindakan Saat Gempa:
~jika berada dalam gedung/rumah,segeralah keluar dalam keadaan tenang.
~jika dalam keramaian ruangan jangan ikut panik,carilah jalan alternative
~jika berada di luar rumah menjauhlah dari bangunan dan pohon yang dapat rubuh.
~jika berada didalam gedung bertingkat,jangan gunakan lift saat terjadi gempa.

Tindakan yang di lakukan setelah gempa
~nyalakan radio atau cari informasi dari para pejabat yang berwenang.
~jangan memasuki bangunan yang terlihat sudah tidak stabil.
~untuk daerah pesisir jika air surut tiba-tiba berhati-hati dan segera mengungsi.

C.     METODE PEMBELAJARAN            :
1.     STAD

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
      Pertemuan I :
a.    Pendahuluan
            -     Apersepsi     :     guru memberi salam, mengabsen, mengajak bero’a siswa dan Siswa diminta menyebutkan faktor terjadinya gempa bumi
            -     Motivasi       :     - Guru memberikan tebak-tebakan terkait dengan materi gempa bumi yang disampaikan.
      b.   Kegiatan Inti     :       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang faktor penyebab terjadinya gempa bumi dengan Tekun ( diligence )
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

§ Elaborasi :
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F guru mengajak siswa untuk mengamati dan menganalisis gambar dan video yang telah ditampilakan.
F Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
F Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi.
F Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru
F Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan
F Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
F Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja Kelompok
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.    Buku LKS
2.    Buku paket/ buku sumber lain yang relevan
3.    Vidio tentang proses terjadinya gempa bumi.
4.    LCD proyector
F.     PENILAIAN  :
IndikatorPencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.

 Penugasan     tertulis
Daftar pertanyaann dan tugas rumah
1.      Sebutkan pengertian gempa bumi? 20 %
2.      Sebutkan dan jelaskan macam klasifikasi gempa bumi menurut kedalaman hiposentrum, menurut gelombang dan getaran gempa, serta menurut factor penyebabnya? 20 %
3.      Apa sajakah factor terjadinya gempa bumi? 20 %
4.      Apa saja akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi tersebut? 20 %
5.      Bagaimana cara menghadapi gempa bumi? 20 %

                                                                                                Surakarta, 09 Maret 2013
                                                                                               
          Mengetahui,
     
 Kepala Sekolah




( Drs. Suharjo, M.Si)




Guru Mapel  IPS,



  (Dwi Agustina )
NIM. A610100077

0 komentar:

Posting Komentar