RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA N 1
Ngemplak, Boyolali
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar :
1.1. Dinamika
perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Alokasi Waktu : 1 x 30
Menit ( 1 x Pertemuan)
Indikator : 1.1 Mendiskripsikan pengertian pedosfer
1.2.
Mendiskripsikan
faktor-faktor pembentukan tanah
1.3.
Memahami dan menganalisis ciri-ciri horison tanahn
A. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan
1 :
Ü
Menyebutkan faktor-faktor terbentuknya tanah dan
cici-ciri horizon tanah Secara telitian
( carefulness)
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengertian tanah
b. Syarat dan faktor-faktor terbentuknya
tanah
c. Profil tanah dan horison tanah
C.
METODE PEMBELAJARAN :
1. Eksprolari Vidio
2. Snow Ball Trowing
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
I :
a. Pendahuluan
- Apersepsi : guru memberi salam, mengabsen, mengajak
bero’a siswa dan Siswa diminta menyebutkan pengertian tanah
- Motivasi : - Guru memberikan tebak-tebakan terkait
dengan materi pedosfer yang disampaikan.
b. Kegiatan Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan tentang pedosfer dengan
Tekun ( diligence )
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
§
Elaborasi :
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
guru mengajak siswa untuk mengamati dan
menganalisis gambar dan video yang telah ditampilakan.
F
Kelas dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing
kelompok terdiri dari 9 siswa
F
Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang
pedosfer serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
F
Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang
diberikan oleh guru
F
Setiap kelompok saling lempar pertanyaan ke
kelompok lain
F
Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan
hasil kerja Kelompok
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Buku LKS
2. Buku paket/ buku sumber lain yang relevan
3. Vidio tentang pedosfer
4. LCD proyector
F.
PENILAIAN :
IndikatorPencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mendeskripsikan pedosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan dibumi.
|
Penugasan
tertulis
|
Daftar pertanyaann
dan tugas rumah
|
1. Sebutkan
pengertian tanah? 20 %
2. Sebutkan
syarat utama terbentuknya tanah dan fakror-faktor terbentuknya tanah? 20 %
3. Sebutkan
pengertian profil tanah dan horizon tanah? 20 %
4. Gambarkan
penampang vertical tubuh tanah (profil tanah)? 20 %
5. Sebutkan
cirri-ciri horizon tanah? 20 %
|
Surakarta,16 April 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( Drs. Suharjo, M.Si)
|
|
Guru Mapel IPS,
(Dwi Agustina )
NIM. A610100077
|
0 komentar:
Posting Komentar