Senin, 15 Juli 2013

RPP UAS (PEDOSFER)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                :    SMA N 1 Ngemplak, Boyolali
Mata Pelajaran               :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester             :     VII / 1
Standar Kompetensi      :     1.       Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar          :     1.1.    Dinamika perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Alokasi Waktu               :     1 x 30 Menit ( 1 x Pertemuan)
Indikator                        :     1.1     Mendiskripsikan pengertian pedosfer
                                             1.2.     Mendiskripsikan faktor-faktor pembentukan tanah
                                             1.3.    Memahami  dan menganalisis ciri-ciri horison tanahn

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN*            :
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan 1 :
Ü  Menyebutkan faktor-faktor terbentuknya tanah dan cici-ciri horizon tanah Secara telitian ( carefulness)

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


B.      MATERI  PEMBELAJARAN
a.     Pengertian tanah
b.     Syarat dan faktor-faktor terbentuknya tanah
c.     Profil tanah dan horison tanah

C.     METODE PEMBELAJARAN            :
1.     Eksprolari Vidio
2.     Snow Ball Trowing

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
      Pertemuan I :
a.    Pendahuluan
            -     Apersepsi     :     guru memberi salam, mengabsen, mengajak bero’a siswa dan Siswa diminta menyebutkan pengertian tanah
            -     Motivasi       :     - Guru memberikan tebak-tebakan terkait dengan materi pedosfer yang disampaikan.
      b.   Kegiatan Inti     :       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang pedosfer dengan Tekun ( diligence )
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

§ Elaborasi :
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F guru mengajak siswa untuk mengamati dan menganalisis gambar dan video yang telah ditampilakan.
F Kelas dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 9 siswa
F Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang pedosfer serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
F Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru
F Setiap kelompok saling lempar pertanyaan ke kelompok lain
F Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja Kelompok
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.    Buku LKS
2.    Buku paket/ buku sumber lain yang relevan
3.    Vidio tentang pedosfer
4.    LCD proyector



F.     PENILAIAN  :
IndikatorPencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mendeskripsikan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dibumi.


 Penugasan     tertulis
Daftar pertanyaann dan tugas rumah
1.      Sebutkan pengertian tanah? 20 %
2.      Sebutkan syarat utama terbentuknya tanah dan fakror-faktor terbentuknya tanah? 20 %
3.      Sebutkan pengertian profil tanah dan horizon tanah? 20 %
4.      Gambarkan penampang vertical tubuh tanah (profil tanah)? 20 %
5.      Sebutkan cirri-ciri horizon tanah? 20 %
                                                                                                Surakarta,16 April 2013
                                                                                               
          Mengetahui,
     
 Kepala Sekolah




( Drs. Suharjo, M.Si)




Guru Mapel  IPS,



  (Dwi Agustina )
NIM. A610100077

0 komentar:

Posting Komentar